6 Cara Menjaga Kesehatan Mental

6 Cara Menjaga Kesehatan Mental

6 Cara Menjaga Kesehatan Mental : Banyak orang mengabaikan kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang terganggu bisa berakibat pada gangguan fisik.

Lalu apa yang sebenarnya dimaksud dengan sehat mental? Kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan psikologis Anda secara keseluruhan. Hal ini mencakup cara Anda merasa tentang diri sendiri, kualitas hubungan Anda, dan kemampuan Anda untuk mengelola perasaan Anda dan menghadapi kesulitan.

Siapa pun dapat mengalami masalah kesehatan mental atau emosional — dan sepanjang hidup, banyak dari kita akan mengalaminya.

Cara menjaga kesehatan mental Agar kesehatan mental kita terjaga, kita bisa melakukan hal berikut:

1. Rutin olahraga Olahraga atau aktivitas teratur dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan emosional Anda, seperti menghilangkan stres, meningkatkan daya ingat, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

2. Bicaralah dengan seseorang Interaksi sosial secara langsung dengan seseorang yang peduli adalah salah satu cara paling efektif untuk menenangkan sistem saraf Anda dan menghilangkan stres.

3. Konsumsi makanan bergizi Otak Anda membutuhkan campuran nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama seperti organ lain di tubuh Anda. Pola makan yang baik untuk kesehatan fisik Anda juga baik untuk kesehatan mental Anda.

4. Lakukan latihan relaksasi Yoga, mindfulness, meditasi, dan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi tingkat stres secara keseluruhan.

5. Jadikan waktu luang dan kontemplasi sebagai prioritas Waktu senggang adalah kebutuhan untuk kesehatan emosional dan mental. Luangkan waktu untuk bersantai, merenung dan memperhatikan hal-hal positif saat Anda menjalani hari Anda — bahkan hal-hal kecil.

6. Minta bantuan Kita semua terkadang lelah atau kewalahan dengan apa yang kita rasakan atau ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Jika segala sesuatunya menjadi terlalu berat bagi Anda dan Anda merasa tidak dapat mengatasinya, mintalah bantuan. Keluarga atau teman Anda mungkin dapat menawarkan bantuan praktis. Anda juga bisa meminta bantuan profesional kesehatan mental.