10 Bahan Terbaik untuk Membantu Anda Menjadi Murah (dan Sehat)

Kombinasi dari harga gas yang lebih tinggi, kemacetan rantai pasokan, perang, dan kekurangan tenaga kerja telah menyebabkan harga bahan makanan sehari-hari melonjak. Dan dengan inflasi, satu dolar membeli lebih sedikit daripada sebelumnya.

Tetapi iklim ekonomi saat ini telah mempengaruhi beberapa kategori makanan lebih dari yang lain. Bahan makanan seperti daging sapi, ayam, telur, susu, mentega, makanan siap saji yang dibekukan, dan bahkan buah segar telah mengalami kenaikan harga hingga dua digit. Toko kelontong telah merespons dengan meneruskan peningkatan ini ke pembeli. Dalam beberapa kasus, mereka bahkan mulai mengecilkan ukuran atau kuantitas produk untuk mengimbangi biaya produksi yang lebih tinggi.

Selama masa-masa ini, penting untuk dapat menyesuaikan kembali daftar belanja Anda untuk mencerminkan hal baru ini—walaupun semoga sementara—kenyataan. Meskipun banyak produk hewani dan makanan olahan menjadi lebih mahal, banyak makanan pokok nabati yang lebih sehat tidak mengalami banyak peningkatan dan masih relatif terjangkau. Bahan-bahan seperti kacang kalengan, oat, tepung jagung, popcorn, kentang, dan banyak lagi, banyak lainnya dapat menambahkan nutrisi penting dan massal ke berbagai makanan yang tak ada habisnya. Bonus tambahan lainnya adalah banyak dari barang-barang ini memiliki umur simpan yang lama, yang berarti lebih banyak makanan yang berakhir di perut Anda daripada di tempat sampah.

Jadi, makanan apa yang harus Anda cari pada perjalanan Anda berikutnya ke supermarket? Tim Meatless Monday menyusun daftar bahan nabati murah yang dapat membantu Anda membuat makanan yang sehat, lezat, dan mudah di dompet.

TERKAIT: 10 Makanan yang Anda Tidak Pernah Tahu Anda Bisa Panggang

Shutterstock

Biasanya harganya kurang dari satu dolar per kaleng, kacang harus menjadi makanan pokok dapur mana pun. Kacang kalengan dapat digunakan dalam segala hal mulai dari sup, semur, dan cabai vegetarian hingga burger vegetarian, burrito Tex-Mex, dan taco, tetapi daftar makanan yang berfokus pada kacang benar-benar tidak ada habisnya. Kami merekomendasikan bereksperimen dengan varietas yang berbeda, seperti buncis, kacang pinto, dan kacang polong, karena setiap jenis memiliki rasa dan tekstur yang unik. Dari sudut pandang nutrisi, kacang-kacangan adalah sumber protein dan serat nabati yang sangat baik. Untuk lebih banyak resep dan informasi yang berfokus pada kacang, lihat Pusat Sumber Daya Kacang Senin Tanpa Daging kami.

sejenis kacang-kacangan dari Jepang
Shutterstock

Meskipun harganya bervariasi tergantung di mana Anda berbelanja, edamame beku bisa menjadi tambahan makanan yang bergizi. Anda dapat dengan mudah memasukkan seluruh polong ke dalam microwave untuk camilan cepat atau menggunakan varietas yang dikupas dalam salad, tumis, hummus, atau edamame succotash yang terinspirasi Asia. Teksturnya yang keras dan kunyahannya yang hangat menjadikan edamame sebagai alternatif daging yang enak.

kubis
Shutterstock

Kami adalah pendukung besar kubis di sini di Meatless Monday. Mengapa? Nah, itu bahan utamanya. Anda bisa merebusnya, memanggangnya, merobeknya untuk coleslaw, atau mengirisnya dan menambahkannya ke tumis sayuran. Ini juga salah satu sayuran yang tahan lama di luar sana. Untuk inspirasi, cobalah membuat gulungan kubis rebus, salad kubis farro, atau lauk kubis dengan jeruk dan apel.

pancake tepung jagung
Shutterstock

Pokok masakan Selatan, tepung jagung dapat diubah menjadi sejumlah hidangan yang menenangkan, dari pizza polenta hidangan dalam (polenta adalah gilingan tepung jagung) hingga bubur jagung berasap dan sayuran hijau hingga biskuit roti jagung maple. Barangnya sangat murah: tas seberat 2 pon biasanya hanya berharga beberapa dolar dan akan bertahan selama beberapa minggu—setidaknya.

Komposisi dengan semangkuk lentil di atas meja kayu.
Shutterstock

Kacang lentil dan kacang polong kering harganya murah, harganya hanya beberapa sen per porsi dan memiliki umur simpan yang sangat lama. Mereka juga merupakan sumber protein nabati dan nutrisi lainnya yang berlimpah. Buat sup kacang polong besar atau lentil, yang kemudian dapat ditambahkan ke taco, burrito, empanada lentil panggang, atau saus Bolognese lentil dan jamur.

wanita memilih makanan beku di toko kelontong
Shutterstock

Produk segar mengalami kenaikan harga, tetapi harga buah dan sayuran beku relatif stabil. Makanan beku sangat bagus karena beberapa alasan: mereka sering dipetik pada kesegaran puncak untuk mempertahankan warna dan kandungan nutrisi, sudah dipotong sebelumnya, dan tidak rusak. Dan meskipun mereka mungkin tidak menawarkan semua buah atau sayuran segar, mereka bisa menjadi pengganti yang bagus untuk tumis, sup, smoothie, makanan penutup, dan hidangan pasta.

popcorn herbal
Shutterstock

Popcorn mungkin tampak seperti tambahan kejutan untuk daftar ini, tetapi membeli biji jagung yang belum dipotong adalah alternatif yang murah dan lebih sehat untuk makanan ringan kemasan lainnya. Anda dapat membuat popcorn segar dalam air popper atau dalam kantong kertas cokelat dalam microwave, dan setelah itu Anda dapat mendandani popcorn segar Anda dengan beberapa bumbu dan rempah-rempah, seperti bawang putih, paprika asap, atau ragi nutrisi.

jenis kentang
Shutterstock

Kentang adalah makanan pokok Amerika—dan untuk alasan yang bagus. Tidak hanya itu salah satu sayuran paling terjangkau di sekitar, tetapi juga salah satu yang paling serbaguna. Anda bisa menumbuknya, memanggangnya, menggorengnya, memarutnya, atau mengubahnya menjadi sup. Kentang russet dan kentang merah lilin adalah pilihan yang cukup bagus jika Anda ingin menghemat uang. Daftar resep kentang tidak ada habisnya, tetapi kami merekomendasikan kentang panggang yang enak dengan saus chimichurri, salad kentang dingin dengan bacon kelapa, atau primavera kentang isi.

beras emas
Shutterstock

Beras telah menjadi dasar makanan di seluruh dunia selama berabad-abad. Anda dapat menyimpannya di dapur Anda selama berbulan-bulan dan mengubahnya menjadi apa saja. Beras merah adalah alternatif yang lebih sehat daripada nasi putih, tetapi nasi basmati dan melati juga merupakan pilihan yang baik. Anda dapat menambahkan nasi dengan apa saja: rebusan, kacang, kari, selada dr kubis, sayuran matang, dll., tetapi Anda juga dapat menjadikan nasi sebagai makanan utama dengan nasi goreng, pilaf, salad nasi Thailand, atau burger sayuran nasi sisa.

pilihan protein tanpa daging seperti tahu di rak toko kelontong
Dayah Shaltes/Shutterstock

Tahu datang dalam berbagai tekstur mulai dari sutra hingga ekstra keras, tetapi jenis apa pun yang Anda pilih, Anda tidak perlu menghabiskan lebih dari beberapa dolar per paket. Tahu itu lembut sendiri tetapi menyerap rasa saat diasinkan, dan Anda dapat menggunakannya untuk membuat ulang hampir semua makanan favorit Anda, seperti sayap, nugget, bacon, atau tikka masala vegan yang lezat ini. Ingatlah untuk menekan cepat tahu sebelum dimasak untuk menambah kelembapan berlebih.

Ingin tahu tentang bahan nabati apa lagi yang harus selalu Anda miliki? Lihat daftar 20 Bahan Senin Tanpa Daging Esensial kami.